Saturday, March 11, 2017

Generasi '90-an, Uang Jajanmu Pasti Sering Habis Untuk Membeli Makanan Ini Saat SD!

Masih ada tidak ya jajanan ini di SDmu sekarang?

Masa-masa SD merupakan saat dimana kebanyakan dari kamu mulai duduk di bangku pendidikan. Sifatmu yang masih polos dan lugu, tentu meninggalkan banyak kisah yang jika kamu ingat kembali, akan membuatmu senyum-senyum sendiri.

Namun, tak hanya kisah tingkah lakumu saja yang membuat rindu. Makanan yang sering kamu beli ketika SD pun menorehkan kenangan indah yang membuatmu rasanya ingin jajan kembali di sekolah. Tiap hari mungkin ketika SD kamu sering menghabiskan uang jajanmu untuk membeli makanan-makanan ini. Coba tunjukkan mana yang menjadi favoritmu?


1. Telur gulung



Rasanya yang gurih membuat kamu saat masih SD sering membelinya. Meskipun namanya telur gulung, namun ternyata ada beberapa pedagang yang juga menggunakan bihun di dalam isinya. Dimakan langsung atau ditambah saus, rasanya tetap bikin kamu ngga berhenti ingin jajan makanan ini setiap hari di sekolah.


2. Rambut nenek



Jika gigi kamu suka berlubang waktu kecil, mungkin saat SD kamu sering makan-makanan manis seperti jajanan rambut nenek ini. Warna yang cerah dan menarik, juga menjadi alasan yang membuatmu ingin membelinya. Diapit dengan kerupuk yang renyah, biasanya saat membeli pasti kamu pernah meminta sang penjual untuk menambahkan rambut nenek di dalamnya, bukan? Bahkan sampai keluar melebihi ukuran kerupuknya itu sendiri. 


3. Kue laba-laba



Seperti namanya, kue ini memang berbentuk serupa dengan sarang laba-laba. Biasanya kue ini dijual bersama dengan kue cubit. Rasanya yang manis dan bentuknya yang unik, membuatmu ketagihan membelinya saat SD. Ada kue laba-laba yang original ataupun yang ditambah topping seperti meises. Kamu bebas memilih ingin yang mana. Sebelumnya, kamu tentu sudah memastikan bahwa uang jajanmu cukup, karena kue laba-laba dengan tambahantopping juga harganya berbeda dari yang original.


4. Gulali



Gulali memang memiliki beraneka jenis. Salah satunya yaitu gulali yang terkenal sebagai gulali khas betawi ini. Berbeda dengan gulali pada umumnya, gulali ini memiliki perpaduan warna merah dan hijau. Penyajiannya pun dibentuk bermacam-macam. Ada yang berbentuk bunga, ayam, bintang bahkan terompet. Saat SD, kamu pasti sering membeli jajanan ini dan kemudian merequest sang penjual untuk menyajikannya dalam bentuk favoritmu.


5. Permen telur cicak



Berbentuk bulatan-bulatan kecil mungkin yang membuatnya bernama telur cicak. Jika telur cicak sungguhan hanya berwarna putih, berbeda dengan permen telur cicak yang berwarna-warni. Hal tersebut supaya dapat menarik minatmu untuk membelinya saat SD. Permen ini rasanya manis. Dan sekali membelinya, tak cukup hanya satu bungkus saja. Kamu pasti nambah ingin membelinya lagi.


6. Lidi-lidian



Jajanan ini juga menjadi primadona saat kamu SD. Tak hanya gurih, rasanya pun ada yang original dan yang pedas. Lidi-lidian dijual dengan harga yang terjangkau dengan uang jajanmu dulu, sehingga kamu pun sering membelinya kan? Namun, jika kamu ketahuan membelinya terlalu banyak, pasti orangtuamu akan melarang karena banyak mengandung MSG.


7. Permen susu



Permen susu merupakan salah satu jajanan hits yang sering kamu beli ketika SD. Memiliki rasa yang manis dan rasa susu yang khas, membuatmu membeli dalam jumlah yang banyak. Entah itu akan kamu makan sendiri atau membaginya kepada teman. Selain itu, uniknya lagi permen susu ini memiliki bungkus bagian dalam yang bisa dimakan. Tenang saja, bungkusnya memang aman kok. Jadi kamu tak akan khawatir saat memakannya.


8. Coklat payung



Coklat berbentuk seperti payung versi mini ini tentu menarik dirimu untuk membelinya ketika SD. Kertas pembungkus coklat yang berwarna-warni pun menambah daya tariknya. Ketika coklatnya sudah habis kamu makan, pasti gagangnya sering kamu gigit-gigit dulu sebelum dibuang. Mungkin merasa sayang karena bentuknya yang unik. Jika uang jajanmu berlebih, pasti tak hanya satu yang kamu beli.


9. Es kue



Jadi ini adalah jajanan berupa kue yang dijadikan es. Rasanya tentu manis dan dingin. Tak hanya satu warna, es kue ini memiliki warna kombinasi layaknya pelangi. Siang hari, seusai kamu sekolah, pasti tak ketinggalan untuk membelinya dulu sebelum pulang. Cocok sekali dimakan saat cuaca panas. Biasanya es kue ini disajikan dengan siraman susu kental manis. Tentu bertambah nikmat saja rasanya.


10. Agar-agar



Kalau ini bukan agar-agar yang dijual oleh pedagang agar-agar. Sebenarnya, agar-agar ini merupakan hadiah saat kamu memenangkan suatu permainan yang diadakan oleh salah satu pedagang. Namun, banyak juga yang membayar hanya sekedar untuk memperoleh agar-agar ini. Warnanya pun tak selalu sama tiap harinya. Tergantung dari pedagangnya. Meskipun begitu, karena rasanya yang manis, mungkin membuatmu ingin membelinya ketika SD. 

Saat SD, mungkin kamu hanya sering memikirkan bermain dan jajan saja. Wajar, itu karena masa kanak-kanak yang tidak memiliki beban apapun, kecuali belajar. Dan makanan-makanan di atas menjadi pelengkap indah masa SDmu, bukan?

0 comments:

Post a Comment